Senin, 11 Maret 2013

Modelling Pesawat Tempur

Di 3DS MAX, salah satu teknik modeling yang paling mudah adalah teknik Box Modeling. Teknik ini menggunakan objek box sebagai dasarnya, kemudian di modifikasi sehingga membentuk benda yang diinginkan.

Nah, kali inipun saya akan membuat tutorial menggunakan teknik box modeling. saya akan membuat sebuah model pesawat yang sangat super duper sederhana (saking sederhananya…^_^). Kita hanya Bermain-main dengan editable Poly dan ditambah modifier list: Turbo Smooth untuk sentuhan akhirnya. Let’s begin….

- klik panel Create > Geometry > Box untuk membuat box. Atur parameter Length= 50, Width= 120 dan Height= 35.
box

- Supaya bentuknya bisa dimodifikasi, ubah box menjadi Editable Poly. Caranya, klik kanan box > Convert to > Convert to Editable Poly.
editable poly

- Sekarang, kita akan membuat sayapnya. Aktifkan modus polygon dan pilih polygon bagian kanan dan kiri objek box.  Supaya lebih paham, lihat gambar gan…
modus polygon

- Klik tombol Inset Setting. Pada jendela Inset Polygons yang muncul, atur Inset Amount= 10
inset setting

- Masih dengan posisi polygon yang terseleksi, klik tombol Bevel Setting. Atur Height= 80 dan Outline Amount= -4.
Sekarang, objek box sudah mempunyai sayap di kedua sisinya.
bevel setting

- Sekarang, kita akan membuat moncongnya. Pilih moncong….eh, polygon bagian depan, lalu klik tombol Bevel Setting. Atur height=15 dan Outline Amount=-7.
bevel setting

- Untuk bagian atas, kita akan membaginya menjadi dua polygon karena dibagian atas sini, kita akan membuat kaca dan ekor. Aktifkan modus edge lalu pilih dua edge seperti gambar. Untuk memilih dua edge, klik satu edge kemudian klik edge lainnya sambil menahan tombol Ctrl. Setelah keduanya terseleksi, klik tombol Connect Setting.
connect setting

- Nah, atur Segments=1 supaya sambungan hanya satu segmen saja. Sekarang bagian atas mempunyai dua polygon.
segments

- Kembali ke modus polygon. Seleksi polygon atas yang depan dan klik tombol Bevel Setting.
setting

-Atur nilai Height= 22, dan Outline Amount= -10
outline amount

- Sekarang, selesksi polygon bagian atas (yang belakangnya) dan klik tombol inset setting.
Atur nilai Inset Amount=10.
inset amount

- Masih dengan polygon terseleksi, klik tombol Bevel Setting dan atur nilai Height=20, dan Outline Amount=-5.
bevel

- Ok, sekarang bentuk kapal sudah mulai kelihatan. Tapi masih sangat mentah karena sudut-sudutnya belum mulus seperti pesawat asli.
sudut pesawat

- Agar bentuk kapal lebih mulus, tambahkan Modifier List: Turbo Smooth.
Klik panel Modify > Modifier List: Turbo Smooth
turbo smooth

- Bentuk pesawat akan menjadi seperti ini....
bentuk pesawat

- Sekarang, supaya pesawat lebih sangar, kita tambahkan rocket di kedua bagian bawah sayap. Untuk membuatnya, seleksi polygon pada bawah sayap memanjang seperti gambar.
tambah rocket

- Dengan Inset dan Extrude, buat agar polygon menebal dan timbul seperti gambar dibawah...
inset dan extrude

- Dengan Inset dan Extrude pula, bentuk agar bagian depan rocket seperti gambar dibawah.
inset dan extrude

- Selanjutnya, dengan tool Select and Scale, perkecil polygon hingga runcing seperti ini:
select and scale

-Sekarang, kapal pun sudah siap tempur...
kapal tempur

- Saya menambahkan jendela dibagian depan. Cara membuatnya, dengan memilih empat polygon yang menyerupai kaca pesawat dan menggunakan tombol Inset dan Extrude supaya menjorok kedalam...

-Agar pesawat lebih mulus lagi, tambahkan Modifier List: Turbo Smooth dengan iterations=2.
modifier list

- Hasilnya setelah dirender dan diberi material:
pesawat tempur
Pesawat Tempur by Tedi Permana dengan 3DS MAX

Untuk material, saya menggunakan warna dasar putih dengan specular tinggi supaya terlihat kinclong. Selain itu, pada tab maps, saya mengaktifkan ceklis diffuse color dan bump dengan gambar tembok supaya terlihat kasar dan tidak terlalu polos
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah komentar Pertama. Komentar anda sangat membantu kami !

Obrolan Kami