Senin, 11 Maret 2013

Effect Camera Map

Tutorial 3DS MAX kali ini sebenarnya sangat sederhana tapi bermanfaat sekali untuk memberi tekstur pada objek, khususnya objek yang memiliki banyak elemen. Nah, misalnya saja seperti gambar dibawah:
camera puzzle

Objek tersebut saya buat dari beberapa buah kotak yang di attach. kalo agan memberinya tekstur seperti biasa, maka tekstur akan menempati masing-masing elemen saja. Agar teksturnya terlihat seperti gambar diatas, kita harus memberinya modifier list: Camera Map terlebih dahulu. Lebih jelasnya, langsung ke tutorial aja gan...

1. Buat sebuah box kecil nan tipis seperti gambar dibawah. Ukuran lebih detilnya, saya mengatur Length=15, Width=15, dan height=1,5.
3dsmax

2. Nah, duplikat objek kotak tersebut agar membentuk kotak yang lebih besar lagi. Untuk meng-copy objek, drag objek pada sumbu x sambil menahan tombol Shift pada keyboard. Pada jendela Clone Option yang muncul, atur nilai number of copies=7.
3dsmax

3. Seleksi semua objek dan copy lagi seperti cara diatas agar membentuk sebuah kotak.
3dsmax

4. Di viewport perspektif, hasilnya adalah seperti ini:
3dsmax

5. Objek tersebut masih belum menyatu. sebelum menyatukannya, ubah salah satu kotak menjadi Editable Mesh. Caranya, klik kanan salah satu kotak > Convert to > Convert to Editable Mesh.
3dsmax

6. Pada Modifier Editable Mesh, klik tombol Attach List.
3dsmax

7. Pada jendela Attach List yang muncul, seleksi semua objek dan klik tombol Attach.
3dsmax

8. Klik tombol M pada keyboard untuk membuka jendela Material Editor. Pilih pada slot pertama, dan pada Diffuse, klik tombol dan pilih bitmap. Silahkan pilih gambar sesuai selera agan untuk dijadikan material. Kalau saya pilih gambar elang gan...
3dsmax

9. Coba drag slot pertama ke objek di viewport. Nah, seperti yang sudah saya bilang diatas, tekstur bakal menempati masing-masing elemen saja. Solusinya, tambahkan Modifier list: Camera Map.
3dsmax

10. Eits, Sebelum menambahkan Camera Map, buat cameranya dulu gan. Di viewport Top, tekan tombol P untuk menggantinya dengan perspektif.
3dsmax

11. Pada menu View > Create Camera from view. Sekarang, kamera sudah siap....
3dsmax

12. Seleksi objek kotak, dan klik panel Modifier > Modifier List: Camera Map.
3dsmax

13. Di parameter camera map, klik tombol Pick Camera dan pilih kamera yang sudah disiapkan tadi di viewport.
3dsmax

14. Taraaa...... coba dirender gan. Sekarang material sudah merata pada objek. Tinggal tambahin variasinya saja.
3dsmax

15. Saya membentuk objek acak-acakan seperti gambar dibawah agar terlihat seperti puzzle. Dengan tambahan Plane dan lampu omni tentunya, hasilnya seperti ini...
3d camera maps
Selamat mencoba dan Teruslah Belajar 3DS MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah komentar Pertama. Komentar anda sangat membantu kami !

Obrolan Kami