Senin, 11 Maret 2013

Membuat Pemandangan Laut dengan 3ds Max

Oh ya, pada tulisan kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara membuat suasana lautan menggunakan 3DS Max. Ya, 3DS Max lagi... coz, saya lagi semangat-semangatnya belajar 3DS Max. Mungkin, untuk tuttorial software lainnya, nanti saya usahakan.

Ok, disini kita akan membuat suasana lautan yang cukup realistis. untuk riak airnya kita menggunakan Bump dengan material Smoke. Pantulan air menggunakan Fallof dan raytrace sehingga warna dari laut akan menyesuaikan dengan warna langit yang ditentukan. Hasilnya kira-kira seperti ini:



Langsung ke tutorial bang....

1. Pada viewport, buatlah objek Plane. Atur nilai Width dan Length=2000 dengan nilai Length Segs dan Width Segs=50.

2. Buat objek Sphere dengan posisi ditengah objek Plane. Atur Radius=1000 dan Hemisphere=0,5 supaya bentuknya setengah bola. Geser posisi sphere kebawah agar nantinya objek plane tidak terhalang...


3. Aktifkan Sphere lalu pada panel Modify > Modifier List: Normal. Dengan menggunakan tool Select and Scale, buat sphere agar lebih pendek.


4. Sekarang, buatlah kamera dan tempatkan diatas plane dan berada didalam sphere. Saya menggunakan Free Camera dengan Lens=28.


5. Tekan tombol M pada keyboard untuk membuka Material Editor. Pilih slot pertama lalu atur nilai Self-Illumination=100. Klik tombol Diffuse lalu piih Bitmap. Pilih Cloud.jpg dan atur tilling pada U menjadi 2. drag material ke objek Sphere di viewport.

6. Klik tombol C pada keyboard untuk mengubah pandangan menjadi kamera, lalu render.Hasilnya seperti ini.

7. supaya gambar langit menempati objek sphere dengan pas, tambahkan Modifier list: UVW Mapping. Pada parameter Mapping,pilih Cylindical.


8. Coba render lagi gan, maka sekarang gambar langit sudah tampak lebih baik.


9. Aktifkan slot kedua. Sekarang, kita akan membuat material laut. Atur nilai Specular=150 dan Glossiness=30.

10. Buka panel Map lalu aktifkan ceklis Reflection dan atur nilainya=70. Klik tombol None lalu pilih Falloff. Atur nilai Falloff type=fresnel dan pada tombol kedua di Falloff Parameter pilih Raytace.


11. Kembali ke panel Maps lalu aktifkan Bump dan atur nilainya=20. Klik tombol None lalu pilih Mask.


12. di parameter Mask, klik tombol None pada Maps lalu pilih Smoke.


13. Diparameter Smoke, pada panel Coordinates  ganti Source=Explicit Map Channel. DI panel Smoke Paremeter, atur nilai Size=0,005 dengan Iteration=20 dan Exponent=0,5. Dan warna pada Color#2 menjadi putih.

14. Drag slot kedua ini pada Plane diviewport. Tekan render, hasilnya kurang lebih seperti gambar bawah.


14. Kalau mau, agan bisa menambahkan Skylight pada scene. Pada panel create > Light > Standard > Skylight. Hasilnya seperti gambar dibawah...

Supaya hasilnya tambah realistis, tambahkan Modifier Noise pada plane agar terlihat lebih berombak. Saya menambahkan Noise dengan beberapa pengaturan dan hasilnya seperti gambar dibawah.


Yang menarik adalah, warna dari laut akan menyesuaikan dengan gambar langit. Jadi, kalau agan merubah gambar langit, maka warna lautpun akan ikut berubah. Keren kan... misalnya, saya merubah gambar langitnya menjadi gambar langit ketika sore hari. Hasilnya seperti gambar dibawah:


Dengan tambahan lampu omni di luar objek Sphere, maka cahaya akan mempengaruhi laut seperti tersorot matahari. Hasilnya gambar bawah:

Nah, untuk sentuhan akhir, saya menambahkan Optical Flares dan perubahan warna secukupnya, hasilnya seperti gambar bawah.

Kalau agan penasaran dengan parameter Noise yang saya atur pada Plane, silahkan download file sourcenya disini. isinya, adalah gambar langit yang dipakai pada tutorial ini dan juga file scene .max yang bisa agan buka dengan program 3DS Max.

Sekian dulu tutorial kali ini gan, maaf kalau ada penjelasan atau tulisan yang kurang jelas. Pertanyaan, kritik maupun saran, silahkan tulis di kotak komentar. Moga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah komentar Pertama. Komentar anda sangat membantu kami !

Obrolan Kami