Kali ini Anda akan membuat pencahayaan Global Illumination atau istilah
kerennya adalah GI. Apa itu GI? GI adalah pencahayaan natural seperti
pencahayaan yang terjadi didalam dunia nyata dimana cahaya yang jatuh
mengenai objek, akan dipantulkan kembali. Sering diistilahkan sebagai
“Bouncing Light” atau disebut juga pencahayaan Tidak Langsung (Indirect Illumination). Fitur yang digunakan adalah Skylight dan Light Tracer.
Teknik ini berbeda dengan teknik menggunakan lampu Omni, Target Direct
maupun Target Spot. Ketiga jenis lampu tersebut merupakan pencahayaan
langsung (Direct Illumination), yakni kebalikan dari teknik GI.
Bagaimana cara membuat pencahayaan GI? Ini caranya.
Langkah 1
Buka sebuah file 3DS Max yang Anda punya
Langkah 2
Buka Tab Create > Lights > Skylight. Klik sekali di Viewport mana saja dan disembarang posisi. Misalkan Anda klik di Viewport Front.
Gambar 01. Opsi Skylight
Langkah 3
Pastikan objek Skylight terpilih dan Anda buka Tab Modify. Misalnya Anda tur nilai Multiplier = 1.15. Ini adalah nilai untuk meningkatkan intensitas cahayanya (Anda bebas mengatur nilai multiplier ini).
Gambar 02. Multiplier = 1.15
Langkah 4
Kemudian Anda klik Menu Rendering, lalu klik Advanced Lighting dan klik opsi Light Tracer.
Gambar 03. Fitur Light Tracer
Langkah 5
Akan terbuka jendela Render Scene. Anda klik tombol Render
Gambar 04. Tombol Render
Langkah 6
SIMSALABIM! Hasil Render tampak sangat realistic dan menarik.
Gambar 05. Hasil Render
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jadilah komentar Pertama. Komentar anda sangat membantu kami !