Tutorial 3DS MAX kali ini sebenarnya sangat sederhana tapi bermanfaat
sekali untuk memberi tekstur pada objek, khususnya objek yang memiliki
banyak elemen. Nah, misalnya saja seperti gambar dibawah:
Objek tersebut saya buat dari beberapa buah kotak yang di attach. kalo
agan memberinya tekstur seperti biasa, maka tekstur akan menempati
masing-masing elemen saja. Agar teksturnya terlihat seperti gambar
diatas, kita harus memberinya modifier list: Camera Map terlebih dahulu. Lebih jelasnya, langsung ke tutorial aja gan...
1. Buat sebuah box kecil nan tipis seperti gambar dibawah. Ukuran lebih detilnya, saya mengatur Length=15, Width=15, dan height=1,5.
2. Nah, duplikat objek kotak tersebut agar membentuk kotak yang lebih
besar lagi. Untuk meng-copy objek, drag objek pada sumbu x sambil
menahan tombol Shift pada keyboard. Pada jendela Clone Option yang
muncul, atur nilai number of copies=7.
3. Seleksi semua objek dan copy lagi seperti cara diatas agar membentuk sebuah kotak.
4. Di viewport perspektif, hasilnya adalah seperti ini:
5. Objek tersebut masih belum menyatu. sebelum menyatukannya, ubah salah satu kotak menjadi Editable Mesh. Caranya, klik kanan salah satu kotak > Convert to > Convert to Editable Mesh.
6. Pada Modifier Editable Mesh, klik tombol Attach List.
7. Pada jendela Attach List yang muncul, seleksi semua objek dan klik tombol Attach.
8. Klik tombol M pada keyboard untuk membuka jendela Material Editor. Pilih pada slot pertama, dan pada Diffuse, klik tombol dan pilih bitmap. Silahkan pilih gambar sesuai selera agan untuk dijadikan material. Kalau saya pilih gambar elang gan...
9. Coba drag slot pertama ke objek di viewport. Nah, seperti yang sudah
saya bilang diatas, tekstur bakal menempati masing-masing elemen saja.
Solusinya, tambahkan Modifier list: Camera Map.
10. Eits, Sebelum menambahkan Camera Map, buat cameranya dulu gan. Di viewport Top, tekan tombol P untuk menggantinya dengan perspektif.
11. Pada menu View > Create Camera from view. Sekarang, kamera sudah siap....
12. Seleksi objek kotak, dan klik panel Modifier > Modifier List: Camera Map.
13. Di parameter camera map, klik tombol Pick Camera dan pilih kamera yang sudah disiapkan tadi di viewport.
14. Taraaa...... coba dirender gan. Sekarang material sudah merata pada objek. Tinggal tambahin variasinya saja.
15. Saya membentuk objek acak-acakan seperti gambar dibawah agar
terlihat seperti puzzle. Dengan tambahan Plane dan lampu omni tentunya,
hasilnya seperti ini...
Selamat mencoba dan Teruslah Belajar 3DS MA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jadilah komentar Pertama. Komentar anda sangat membantu kami !